9 Tips Menjaga Kebugaran dan Kesehatan Tubuh Kita


Sehat lebih penting bahkan lebih mahal dari apapun di dunia ini, itu sebagian pendapat dari rata-rata orang. Yang kita ketahui banyak orang yang berani membayar mahal hanya untuk kesehatan mereka.
Berarti lebih baik untuk kita menjaga kesehatan dan kebugaran dari berbagai penyakit yang nantinya
tidak memperhambat aktifitas keseharian kita. Maka dari itu saya akan memberikan tips untuk teman-teman tentang bagaimana caranya menjaga kebugaraan dan kesehatan agar tetap sehat selalu sepanjang kehidupan kita, amin....

Untuk mempersingkat waktu saya akan langsung masuk ke topik pembahasan dan agar menjadi
referensi kesehatan untuk teman-teman.

1. Positif Thinking
Banyak artikel yang saya jumpai meletakan positif thinking pada urutan pertama sebab semua fungsi tubuh kita diatur oleh otak maka dari itu jika kita bisa menjaga pemikiran agar tetap positif dan menghindari dari stres maka kebugaran serta kesehatan tubuh akan tetap sehat serta terhindar dari penyakit.

2. Istirahatkanlah Tubuh Kesayangan Kita
Teman-teman pasti seharian memilki banyak sekali aktifitas yang membuat tubuh merasa lelah dan capek. Dengan datangnya lelah dan capek maka kebugaraan tubuhpun akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengistirahatkan tubuh  kita dari aktifitas seharian kita dengan bersantai sejenak atau kalau bisa tidur siang 30 - 60 menit cukup untuk mengembalikan kebugaraan tubuh .

3. Tidur Malam Yang Memadai
Banyak orang yang sibuk beraktifitas dari pagi sampai malam hingga lupa pada waktu tidur malamnya. Kebiasaan ini sangat buruk untuk kebugaran dan kesehata kita. Tubuh kita membutuhkan
istirahat dengan cara tidur malam sekitar 5 - 6 jam sehari. Kenapa hanya 5 - 6 jam sehari? Sebab ketika siang hari kita sudah tidur siang maka malampun tinggal menambahkan jumlah kekurangan waktu tidur kita sehingga mencapai waktu antara 6 - 7 jam. Untuk waktu tidur yang sebanyak itu sudah cukup untuk mengembalikan stamina pada esok harinya.

4. Jagalah Kebersihan
Ada pepatah mengatakan kebersihan adalah inti dari kesehatan. Pepatah itu sangatlah tepat karena kebersihan sangat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh kita karena segala penyakit dan bakteri yang buruk untuk tubuh sangat mudah menyerang ketika kita dalam keadaan kotor dalam segala hal dari makanan sampai dengan lingkungan kita. Anjuran saya sebaiknya cuci tangan sebelum makan dan sesudah beraktifitas kotor lainnya, mandi 2 kali sehari dengan sabun antiseptik kalau bisa dan bersihkan lingkungan sikitar kita, dengan lingkungan yang bersih maka pikiran dan tubuh akan tetap terhindar dari berbagai penyakit maupun bakteri.

5. Jagalah Pola Makan
Untuk menjaga pola makan mungkin akan sedikit sulit untuk teman-teman yang hidup di negara indonesia sebab negara kita ini dipenuhi dengan makanan-makanan yang banyak mengandung minyak dan berkolesterol tinggi. Tapi teman-teman jangan khawatir, teman-teman tinggal perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak serat yang bisa menetralisir dari efek-efek kolesterol tersebut. Dengan perbanyak makan buah-buahan dan sayuran-sayuran maka tubuh kita akan tetap bugar dan sehat karena buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa membunuh berbagai bakterial jahat dalam tubuh kita.

6. Olah Raga Yang cukup
Banyak dari teman-teman yang tidak memilki waktu untuk olahraga karena banyaknya aktifitas yang mereka hadapi, padahal dengan berolah raga secara rutin bisa membuat tubuh kita bugar dan sehat.
Maka dari itu saya anjurkan untuk teman-teman agar berolahraga ringan 15 - 30 menit dipagi hari agar aktifitas keseharian kita lancar dan tubuh tetap bugar.

7. Makan Secukupnya
Dengan makan secukupnya akan meringankan kerja lambung dari proses pencernaan makanan. Dengan begitu energi tubuh kita akan terjaga untuk aktifitas keseharian yang kita lakukan. Jangan juga makan terlalu sedikit karena bisa membuat tubuh kita kekurangan energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari maka dari itu sebaiknya makanlah makanan secukupnya tidak kekenyangan dan tidak juga kurang.

8. Penuhi Kebutuhan Vitamin
Dengan makan makanan yang bervitamin belum tentu memenuhi kebutuhan vitamin seharian kita maka dari itu sebaiknya tambahlah dengan mengonsumsi vitamin tambahan seperti vitamin D yang terdapat didalam sinar matahari, telur, hati serta ikan dan
juga bisa dengan mengonsumsi pil vitamin D. Fungsi vitamin D sendiri adalah untuk ketahanan tubuh dari virus dan bakteri.

9. Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh kita membutuhkan kadar cairan tinggi yang bisa kita penuhi dengan mengonsumsi banyak air putih. Saran dokter sebaiknya minum air putih 8 gelas/hari ukuran biasa atau 2 liter kurang agar tubuh kita tetap bugar dan tidak kekurangan cairan saat beraktifitas.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan ke teman-teman. Semoga dengan artikel ini bisa membuat teman-teman lebih bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar tetap fit dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

0 Response to "9 Tips Menjaga Kebugaran dan Kesehatan Tubuh Kita "

Posting Komentar