Makanan-Makanan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Mata


Bagian organ tubuh manusia sangatlah penting dari mulai organ dalam hingga bagian organ luar seluruhnya penting termasuk salah satu bagian tubuh yang akan saya bahas kali ini yaitu mata. 

Mata termasuk salah satu organ indera yang berperan penting terhadap aktifitas sehari-hari yaitu untuk melihat. Dengan demikian jika teman-teman memiliki mata sehat, bersih dan berkilau pasti sangat membantu dalam aktifitas sehari-hari maupun untuk menambah penampilan yang lebih menarik.

Untuk zaman sekarang menjaga mata tetap sehat sangatlah sulit karena banyak aktifitas maupun pola makan sehari-hari yang sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Dimulai dari aktifitas kerja seperti berhadapan dengan layar komputer, sering terpapar sinar matahari maupun pekerjaan-pekerjaan lainnya yang mempengaruhi kesehatan mata. Untuk pola hidup orang sekarang yang sangat riskan terhadap rusaknya daya penglihatan mata maupun rusaknya mata karena berbagai penyakit seperti katarak dan degenerasi makula yang semakin hari semakin banyak penderitanya. Untuk menanggulangi semua resiko yang dapat terjadi teman-teman bisa mencegahnya dengan memakan makanan sehat untuk mata seperti yang akan saya bahas, antara lain:

1. Sayuran Berwarna Hijau
Sayuran yang berwarna hijau seperti lobak, sawi, kale dan lain sebagainya yang memiliki daun berwarna hijau sangat baik untuk kesehatan mata karena banyak mengandung antioksidan yang berlimpah. Dengan teman-teman banyak mengonsumsi antioksidan seperti dalam kandungan sayuran hijau sangat membantu penyerapan cahaya biru yang sangat berbahaya untuk mata serta dapat meningkatkan daya penglihatan mata.

Banyak dari peneliti yang telah membuktikan bahwa dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau dapat mengurangi resiko penyakit mata hingga yang krosnis sekalipun seperti katarak. Selain sangat baik untuk kesehatan mata sayuran hijau juga baik untuk kesehatan otak seperi halnya sayuran bayam yang dapat melindungi sel-sel otak serta mencegah datangnya demensia.

2. Tomat
Kandungan dalam buah tomat kaya akan vitamin C dan lycopene. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk memenuhi nutrisi penting kesehatan mata. Jika teman-teman termasuk orang yang tidak gemar mengonsumsi buah tomat sebaiknya mulai membuang kebiasaan tersebut untuk kepentingan kesehatan mata.

3. Wortel 
Sudah tidak menjadi perdebatan jika wortel baik untuk kesehatan mata serta dapat mencegah dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyerang mata. Kandungan vitamin A dan beta-karoten yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata agar optimal dalam daya penglihatan serta membantu menghindarkan mata dari resiko terkena degenerasi makula dan resiko katarak. 

Fungsi dari vitamin A adalah untuk melindungi permukaan mata agar tetap jernih dan sehat lalu beta-karoten adalah sumber antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel mata dari paparan radikal bebas yang merusak mata. Wortel tidak hanya memiliki 2 kandungan yang dibahas di atas tetapi masih banyak lagi kandungan lainnya yang baik untuk kersehatan tubuh seperti serat, kalium (potassium), falcarinol dan masih banyak kandungan-kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

4. Jagung Kuning
Jagung kuning menjadi makanan pokok dibeberapa wilayah salah satunya Indonesia bagian timur yang biasa mengonsumsi jagung kuning untuk makanan pokok. Dalam jagung kuning terdapat kandungan zeaxanthin dan lutein yaitu salah satu antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jagung juga mengandung pigmen warna yang baik untuk menggantikan hilangnya pigmen kuning di mata. Jagung kuning bila dikonsumsi secara teratur dapat meminimalkan resiko terkena katarak. Selain kandungan-kandungan yang baik untuk mata, jagung kuning juga memiliki banyak kandungan lain yang bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Ubi Jalar
Kandungan yang ada di ubi jalar hampir sama dengan kundungan yang ada di wortel seperti beta-karoten, vitamin A, vitamin C, serat, mangan dan potasium yang sangat berguna untuk kesehatan mata. Dalam sebuah ubi jalar sudah dapat mencukupi kandungan harian tubuh meliputi vitamin maupun kandungan lainnya yang dibutuhkan tubuh. Ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang, tingkat energi dan kesehatan mata. Ubi jalar juga baik untuk kesehatan jantung. Dari semua manfaat tersebut pastilah membuat teman-teman semakin ingin untuk mengonsumsi ubi jalar agar memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi harian dalam tubuh.

6. Alpukat
Buah alpukat adalah salah satu buah-buahan yang mengandung lemak nabati yang baik untuk kesehatn tubuh serta membantu proses diet teman-teman ladies. Dalam buah alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi yang berfungsi mencegah katarak dan degenerasi makula. Alpukat juga kaya akan vitamin A, C, B3 dan E yang baik untuk kesehatan mata maupun tubuh.

7. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari kaya akan kandungan selenium yang mampu mencegah dari katarak maupun penyakit mata lainnya.

8. Salmon
Sama halnya dengan ikan lainnya, ikan salmon juga kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan mata. Dengan teman-teman rutin mengonsumsi ikan salmon akan mengurangi resiko terkena degenerasi makula hingga 38 persen. Kandungan vitamin D yang terdapat dalam ikan salmon baik untuk kesehatan mata serta tubuh sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan tentang makanan-makanan yang baik untuk kesehatan mata. Dengan adanya artikel ini diharapkan untuk teman-teman lebih sadar dalam menjaga kesehatan mata karena mata adalah salah satu organ vital yang termasuk dalam fungsi indera. Jika teman-teman mengalami kesusahan maupun yang lainnya bisa hubungi saya di form komentar di bawah ini. Terimakasih...   

4 Responses to "Makanan-Makanan Alami Untuk Menjaga Kesehatan Mata "

  1. Cocok bagi saya artikel ni gan......mata sya kurang sehat...hehe..thanks infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan. Bisa lihat2 artikel lain juga gan masih banyak tips-tips yang lainnya.

      Hapus
  2. yang banyak di desa contohnya apa mas :D (maklum orang desa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya semua makanan itu biasa kita jumpai di desa gan?

      Hapus