Buanglah Air Sisa rebusan Mie Instan


Mie instan termasuk makanan vaforit masyarakat diberbagai negara termasuk Indonesia. Bagi anak-anak kadang-kadang juga sangat digemari bahkan sampai ada anak-anak atau orang dewasa yang lebih menyukai mie instan dari pada nasi.

Untuk para penggemar mie instan sebaiknya mulai berhati-hati dan selektif dalam mengonsumsi maupun dalam pengolahan mie instan karena dalam mie instan juga memiliki banyak zat-zat yang merugikan tubuh kita. Sehingga para penikmat mie instan bisa lebih berhati-hati dalam mengonsumsi mie instan salah satunya dalam pengolahan mie instan yaitu mengganti air bekas rebusannya.

Buang Air Bekas Rebusan Mie Instan
Mie instan memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh yang akan larut dalam air saat dilakukan perebusan. Seperti yang di kutib dari kompas female yang berbunyi "Namun yang paling berbahaya adalah adanya kandungan bahan pengawet, MSG (monosodium glutamat), dan bahan pewarna makanan yang ada di dalam mi instan," Ungkap Dr Patricia Wijaya, salah satu dokter kecantikan dari Beauty Inc.

Dalam proses perebusan mie instan, zat kimianya akan mengalami pelarutan ke dalam air rebusan pertama tapi tidak 100 persen zat kimia dalam mie instan hilang. Zat kimia seperti kandungan minyak, bahan pengawet, MSG, dan zat pewarna akan tetap menempel pada mie instal walaupun kadar zat tersebut sudah berkurang. Untuk bahan pengawet dan pewarna makanan tidak selamanya berbahaya bila memang pihak perusahaan mengikuti aturan yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Walaupun mie instan sudah mengikuti standar aman dari BPOM tetap saja bila dikonsumsi terlalu sering dan dalam waktu lama tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan dampak negatif bagi para pengkonsumsinya. Efek samping yang ditimbulkan oleh zat kimia yang terkandung dalam mie instan dalam jangka panjang akan berdampak negatif untuk kecantikan kulit maupun wajah kita karena bisa membuat kulit lebih kering yang nantinya akan memunculkan berbagai gejala penuaan dini. Yang lebih berbahaya dari efek jangka panjang mie instan yaitu kanker yang bisa menyebabkan kematian.

Kesimpulan
Tidak masalah bila kita ingin mengonsumsi mie instan tapi sebaiknya air rebusan pertama mie instan di buang dan diganti dengan yang baru. Janganlah mengonsumsi mie instan seakan-akan sebagai makanan pokok sebaiknya utamakan nasi atau makanan berkarbohidrat lainnya selain mie instan. Sebaiknya janganlah mengnsumsi mie instan untuk jangka waktu lama sebab banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari zat-zat kimia dalam mie instan yang tidak sepenuhnya larut dalam air karena dapat membahayakan kesehatan maupun jiwa kita.

0 Response to "Buanglah Air Sisa rebusan Mie Instan"

Posting Komentar