8 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh


Tubuh membutuhkan istirahat setelah beraktifitas sehari-hari, salah satunya dengan tidur siang. Tapi untuk para pekerja sangat sulit untuk mendapatkan waktu tidur siang apalagi yang kerjaannya diluar rumah pasti tidak dapat menikmati tidur siang. Padahal, dengan melakukan tidur siang sama halnya kita menjaga kesehatan tubuh dan pikiran dari kelelahan beraktifitas seharian. 

Banyak Dokter yang menganjurkan untuk tidur siang terutama untuk balita dan para lansia (Orang Berumur Lanjut) karena bisa membantu tumbuh kembangnya balita dan menjaga organ dalam kaum lansia yang sudah tidak sekuat dulu ketika muda. Agar teman-teman lebih tahu mengenai hal tersebut, saya akan share tentang manfaat tidur siang agar bisa menjadi referensi kesehatan untuk teman-teman tercinta.

1. Meningkatkan Daya Ingat
Banyak dari teman-teman yang sering mengalami hal ini yaitu lupa. Dengan tidur siang otak akan mendapatkan istirahatnya sehingga otak akan berfungsi dengan performa yang optimal sehingga hasilnya daya ingat akan meningkat dan lebih cemerlang untuk berfikir.

2. Meningkatkan Kewaspadaan
Terkadang ketika teman-teman mengalami kecapean tubuh dan pikiran konsentrasipun menurun sehingga tingkat kewaspadaan akan berkurang karena otak sedang mengalami kelelahan. Jika teman-teman sudah masuk ke tahap tersebut lebih baik istirahat dengan tidur siang agar kewaspadaan serta konsentrasi kembali normal.

3. Memperbaiki Mood
Hal ini sering terjadi untuk para balita yang rewel kalau sudah ngantuk alias Bad Mood. Salah satu cara mujarap untuk memperbaiki bad mood adalah dengan tidur siang. Ketika teman-teman bangun dari tidur maka moodpun akan kembali stabil alias normal.

4. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreatifitas
Jika otak sudah mengalami kelelahan maka segala bentuk indra yang ada ditubuh tidak akan bekerja dengan maksimal dan juga untuk berfikir kreatifpun akan kesulitan. Untuk teman-teman yang bekerja dengan menggunakan otak atau kreatifitas maka sebaiknya lakukan tidur siang 1 - 2 jam untuk meningkatkan daya kreatifitas.

5. Mengatasi Insomnia
Bagi para penderita insomnia sebaiknya biasakan tidur siang karena dengan tidur siang hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh maupun otak akan terpenuhi secara normal sehingga kekurangan-kekurangan yang menyebabkan Insomnia akan terpenuhi.

6. Mengurangi Stress
Ketika teman-teman sedang stress atau galau dan ingin meredakan hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan tidur siang. Setelah bangun dari tidur siang otak akan kembali normal sehingga strees maupun galau yang dialami akan berkurang bahkan hilang.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Banyak dokter yang menganjurkan para penderita stroke dan jantung untuk melakukan kegiatan tidur siang karena dalam tidur siang aliran darah akan lancar mengalir ke otak. Dimana salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke adalah penyumbatan pembulu darah ke otak.

8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh 
kalau hal ini pasti tidak asing lagi bagi teman-teman kalau tidur siang akan meningkatkan kesehatan tubuh. Kebutuhan tidur normal orang dewasa sekitar 7-8 jam sehari maka dari itu sebaiknya teman-teman bagi waktu sebaik-baiknya untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dalam lingkup tidur siang dan malam.

0 Response to "8 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh"

Posting Komentar