Kiat-kiat Mencegah Kebotakan Rambut


Bertemu kembali dengan blog kesayangan kita lensakesehatankita.blogspot.com yang senantiasa membagi tips tentang dunia kesehatan dari lingkup apapun.

Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara untuk mencegah rambut dari kerontokan ataupun kebotakan. Kebotakan biasa dialami oleh kaum Adam tapi tidak menutup kemungkinan kaum Hawa akan merasakan kebotakan walaupun jarang yang mengalaminya pada usia muda. Kebotakan bisa terjadi oleh berbagai sebab antara lain faktor genetik, kekurangan gizi, efek samping dari perawatan medis, sakit dan juga kesalahan dalam perawatan. Dari semua kriteria tersebut dapat membuat teman-teman mengalami kebotakan permanen maupun tidak.

Sebenarnya kerontokan rambut itu wajar dialami oleh makhluk hidup terutama yang memiliki rambut tapi jika kadar rontok yang berlebih dan juga tidak sanggupnya kulit untuk menumbuhkan kembali rambutlah yang menjadi momok sangat menakutkan bagi sebagian orang. Dengan rontoknya rambut secara berlebihan serta kulit kepala yang tidak dapat menumbuhkan kembali menggantikan rambut yang telah rontok, lambat laun kebotakan yang akan menjadi hasil akhirnya.

Sebenarnya pria memiliki frekuensi kerontokan lebih banyak ketimbang wanita yang didominasi oleh efek genetik yang sering disebut dengan istilah “male pattern baldness” atau "alopesia androgenik". Faktor dari genetiklah yang paling sulit dicegah maupun diobati. Selain faktor genetik seperti yang telah disebutkan di atas semuanya rata-rata menyangkut tentang kesehatan yang bisa dicegah dengan langkah-langkah yang tepat. Untuk memberikan wawasan baru mengenai langkah penjegahan kerontokan akan dijabarkan di bawah ini.

1. Gunakan Shampo yang Tepat
Dalam hal ini jangan terlalu tergiur dengan merek shampo yang terkenal, mahal maupun langka karena itu semua tidak menjamin cocok dengan jenis kulit kepala teman-teman. Gunakan shampo yang cocok sehingga menjaga kulit kepala tetap normal terkendali. Bila mengalami kerontokan sebaiknya langsung ganti shampo. Untuk frekuensi penggunaan shampo, saran dokter 3 hari sekali tapi semua itu disesuaikan dengan kebutuhan pribadi dengan kriteria terbaik 3 hari sekali.

2. Gunakanlah Vitamin Rambut
Untuk menambah nutrisi rambut salah satunya dengan menggunakan vitamin rambut baik itu berupa pil yang diminum maupun cairan yang dioleskan ke rambut semua itu baik. Sangat diutamakan untuk teman-teman yang memiliki rambut kering dan kulit kepala berminyak.

3. Cukupilah Tubuh dengan Nutrisi
Secara garis besar, rambut sama seperti anggota tubuh yang lainnya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk melakukan berbagai proses alamiah dalam pertumbuhan maupun proses yang lainnya di dalam tubuh. Maka dari itu sebaiknya teman-teman perbanyak mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin dll.

4. Hindari Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak, Kafein, Alkohol dan Gula
Dalam berbagai penelitian para ahli kesehatan mengatakan tubuh akan mengalami gangguan bila terlalu banyak mengonsumsi lemak, kafein, alkohol dan gula karena dapat mengganggu metabolisme tubuh yang berefek ke kulit kepala dan rambut. Maka dari itu, sebaiknya teman-teman hindari makanan dan minuman yang memiliki kadar lemak, kafein, alkohol dan gula berlebih.

5. Hindari Penggunaan Hairdryer
Hairdryer atau pengering rambut adalah alat untuk mengeringkan rambut yang sedang basah karena keramas maupun mandi. Tapi efek yang diberikan oleh hairdryer bila digunakan dalam jangka waktu lama akan memperburuk kesehatan rambut. Jadi saya sarankan teman-teman untuk tidak sering-sering menggunakan hairdyer bahkan lebih baik jangan digunakan, gunakan saja handuk lebih aman dan alami.

6. Perbanyak Olahraga
Olahraga sudah tidak menjadi keraguan untuk menunjang kesehatan. Dengan olahraga akan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk kulit kepala. Jika peredaran darah ke kulit kepala lancar, pemenuhan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut akan lancar seiring lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh.

7. Jangan Suka Mewarnai Rambut
Untuk zaman sekarang sudah menjadi tren untuk warna rambut tertentu sehingga banyak dari teman-teman tidak ingin ketinggalan untuk mengikutinya. Tapi jangan salah, mewarnai rambut juga berefek kepada kesehatan rambut apalagi bahan pewarnanya dari bahan kimia akan semakin menambah resiko kerontokan permanen.

Ini dulu yang dapat saya bagikan ke teman-teman tentang tips-tips mencegah kerontokan rambut. Bila ada sesuatu yang kurang dipahami dan butuh penjelasan lebih lanjut bisa corat-coret di komentar. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kiat-kiat Mencegah Kebotakan Rambut"

Posting Komentar