Manfaat-Manfaat Bangun Dipagi Hari


Bangun pagi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang untuk memulai kegiatan sehari-hari. Dari mulai kerja, sekolah bahkan mempersiapkan makanan untuk keluarga oleh kaum ibu semua itu dimulai ketika pagi menjelang. Nah dari kegiatan bangun pagi tersebut sebenarnya ada banyak manfaat yang terkandung didalamnya yang teman-teman belum sadari. Untuk memberikan wacana pemahaman terkait manfaat bangun pagi diantaranya adalah

1. Menyehatkan Paru-Paru
kenapa bangun pagi dapat menyehatkan paru-paru karena pada pagi hari kadar oksigen yang berada di udara masih murni dan minim polusi sehingga baik untuk kesehatan paru-paru maupun tubuh.

2. Memaksimalkan Fungsi Otak 
Orang yang sering bangun pagi memiliki kesempatan menghirup udara bersih lebih lama ketimbang orang yang bangun siang. Dengan banyaknya menghirup udara bersih akan menguatkan fungsi otak karena otak menerima oksigen dari darah yang bersih tanpa polusi sehingga kebutuhan oksigen bagi otak tepenuhi.

3. Lebih Produktif
Orang yang sering bangun pagi memiliki waktu untuk mempersiapkan diri dalam segala hal lebih lama daripada orang yang bangun siang serta seseorang yang bangun pagi memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi ketimbang seseorang yang bangun siang sehingga dalam menjalani segala hal lebih terkendali.

4. Kesempatan Gratis Mendapatkan Vitamin D
Yang kita ketahui vitamin D adalah salah satu vitamin yang dihasilkan oleh sinar matahari dipagi hari sampai kira-kira jam 09.00 pagi. Jadi bagi mereka yang bangun siang memiliki kesempatan yang minim untuk merasakan vitamin D karena pada waktu sinar matahari kaya akan vitamin D mereka dalam keadaan tidur. Maka dari itu, saya sarankan untuk bangun pagi agar mendapatkan vitamin D secara gratis.

5. Membuat Orang Lebih Sukses
Untuk teman-teman yang gemar bangun pagi memiliki keunggulan tersendiri dalam hal akademik karena dalam penelitian di Texas University tahun 2008 menemukan bahwa mahasiswa yang bangun pagi memiliki nilai akademik yang tinggi dibandingkan mahasiswa yang gemar begadang atau jarang bangun pagi. Bagi teman-teman yang gemar begadang jangan berkecil hati karena orang yang begadang juga memiliki keunggulan tersendiri yaitu bidang kreatifitas jika memang teman-teman begadang untuk sesuatu yang bermanfaat.

6. Memiliki Mental Lebih Positif
Orang-orang yang terbiasa bangun pagi memiliki mood yang lebih baik serta mental atau perasaan positif dibandingkan dengan orang yang tidak bangun pagi. Orang yang gemar bangun pagi juga memiliki kemudahan dalam hal kepuasaan atau bisa dikatakan seseorang yang bangun pagi lebih mudah puas dalam segala hal. Untuk orang yang menggunakan waktu malamnya untuk bangun dan paginya untuk tidur walaupun memiliki tingkat kecerdasan dan kreatifitas lebih tapi cenderung memiliki mood yang negatif serta perasaan depresi dan pesimis yang lebih tinggi.

7. Memiliki Tingkat Kebugaran Tubuh Lebih Tinggi
Seseorang yang bangun pagi dan juga memiliki kualitas tidur yang baik akan memiliki tingkat kebugaran dan kesegaran tubuh lebih tinggi karena tubuh sudah mendapatkan istirahat yang cukup. Ingat ketika seseorang begadang tubuh mengalami proses kerja yang lebih sehingga membuat tubuh lebih mengalami kelelahan dan juga tubuh yang mengalami kelelahan karena begadang tidak akan cukup hanya dengan tidur skala normal sebab pada malam hari tubuh akan lebih bekerja keras dalam setiap organ tubuh yang ada. 

Sekian Artikel tentang kesehatan yang dapat saya bagikan ke teman-teman. Jika ada suatu hal yang masih membingungkan dan butuh penjelasan dari artikel ini bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih...

2 Responses to "Manfaat-Manfaat Bangun Dipagi Hari "

  1. Artikel yang berguna untuk kesehatan saya, terima kasih sudah sharing ya..

    BalasHapus