Beberapa Cara Alami Mengatasi Diare


Perut mules biasanya sudah pasti ada hal yang ingin dikeluarkan mau itu angin ataupun kotoran hasil pencernaan. Tapi bila yang dikeluarkan terus menerus hingga mengganggu aktifitas pasti repot dibuatnnya. Seperti halnya diare atau mencret sudah menjadi penyakit yang meresahkan seseorang bahkan orang lain.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat memicu timbulnya diare seperti terlalu banyak makan makanan berlemak, pedas, berasam tinggi, makanan yang kotor dll. Semua hal tersebut dapat menimbulakan diare yang tidak kunjung berhenti. Hal ini pastinya sangat mengganggu, maka dari itu saya ingin sekali membagikan tips untuk mengatasi diare antara lain:

1. Perbanyak Minum Air Putih
Ketika seseorang terkena diare, cairan tubuh akan ikut keluar saat buang air besar jadi tubuh akan kekurangan cairan untuk mengatasi hal tersebut. Sebaiknya teman-teman perbanyak minum air putih untuk mengembalikan kadar cairan dalam tubuh dan juga bisa ditambahkan dengan jus atau larutan oralit untuk menghentikan diare.

2. Jangan Mengonsumsi Susu
Susu sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh tapi tidak baik untuk penderita diare karena susu dapat memperparah diare seseorang. Saya sarankan untuk teman-teman sebaiknya hindari meminum susu ataupun makanan lainnya dari olahan susu tapi untuk yogurt tidak dalam kategori memperparah diare karena dalam yogurt terdapat bakteri sehat yang dapat menyehatkan pencernaan.

3. Hindari Mengonsumsi Makanan Berserat
Ketika teman-teman sedang mengalami diare sebaiknya hindari makanana lembek maupun makanan yang mengandung banyak serat karena makanan tersebut dapat membuat kondisi diare seseorang semakin parah. Hal ini disebabkan oleh efek serat yang dapat melembutkan kotoran hasil sisa pencernaan yang baik untuk penderita susah buang air besar tapi tidak cocok untuk pernderita diare. Buah yang dapat meringankan diarea antara lain salak, buah pohon sagu dan jambu biji karena buah tersebut dapat mengeraskan kotoran hasil sisa pencernaan.

4. Cuka Apel
Cuka apel adalah obat tradisioanal yang sangat ampuh untuk mengatasi diare. Cara penggunaannya bisa teman-teman teteskan beberapa tetes ke dalam air putih lalu diminum. Lakukan hal tersebut secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

5. Konsumsilah Daun Jambu Biji
Dahulu, masyarakat Indonesia sering mengonsumsi daun jambu biji karena khasiatnya yang mujarab untuk mengatasi diare. Untuk obat-obatan modern banyak yang menggunakan ekstrak dari daun jambu biji untuk mengatasi diare. Jika teman-teman tidak ingin mengonsumsi obat-obatan pabrik bisa mengonsumsi daun biji beberapa helai, dicuci dan lalu dimakan untuk mengobati diare.

Sekian artikel tentang cara alami mengatasi diare yang dapat saya sampaikan. Jika teman-teman masih kurang mengerti bisa hubungi saya di form komentar di bawah ini. Terimakasih... 

4 Responses to "Beberapa Cara Alami Mengatasi Diare"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. waduh, ane sering minum susu
    harus berhati-hati nih
    thanks informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan takut gan minum susu karenan susu itu baik untuk kesehatan.
      yang harus dikurangi jika agan sedang dalam keadaan diare itu yang repot bisa memparah diare.

      Hapus