Kebiasaan Penyebab Diabetes Mellitus


Diabetes adalah penyakit yang sering disebut penyakit gula atau kencing manis karena memang penderita diabetes memiliki kadar gula dalam darah serta fungsi insulin yang semakin melemah. Penyakit Diabetes terjadi tidak hanya karena faktor keturunan tapi juga karena gaya hidup yang tidak sehat dari mulai makan hingga beraktifitas semuanya sangat mempengaruhi terhadap penyakit Diabetes. Untuk pengetahuan bersama apa saja kebiasaan yang dapat menyebabkan Diabetes akan saya rangkumkan untuk teman-teman antara lain:

1. Banyak Mengonsumsi Gula
Kurangi konsumsi gula terhadap apapun karena salah satu penyebab Diabetes adalah gula. Kandungan glukosa atau rasa manis tidak hanya ada di gula yang biasa kita gunakan untuk pamanis minuman maupun makanan tapi juga terkandung dalam makanan-makanan secara alami. Contoh nasi yang menjadi makanan pokok dibeberapa negara bahkan memilki kadar gula. Ditambah lagi teman-teman yang gemar dengan rasa manis sebaiknya menguranginya karena tubuh telah mendapat asupan gula dari nasi yang telah dimakan jadi tubuh kurang lebih sudah tercukupi oleh asupan gula.

2. Gemar Ngemil
Dengar kata-kata ngemil pasti terlintas dipikiran dengan jajanan-jajanan ringan yang notabene manis. Padahal, salah satu penyebab Diabetes adalah kadar gula yang berlebih. Nah Untuk teman-teman yang gemar sekali dengan ngemil sebaiknya mulai menghindari kebiasaan tersebut karena bisa menyebabkan Obesitas dan juga Diabetes.

3. Suka Makanan Berminyak
Segala jenis makanan berminyak entah itu gorengan maupun yang lainya memiliki kadar lemak jahat yang berlimpah. Lemak jahat atau sering disebut Kolesterol jahat adalah salah satu penyebab Obesitas dan seseorang yang telah terkena obesitas akan sangat rentan terkena Diabetes. 


4. Mengonsumsi Minuman Bersoda
Untuk teman-teman yang tinggalnya di daerah kota pasti kebanyakan lebih gemar minum soda dari pada air putih padahal minuman bersoda juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi bahkan kandungan rasa manis yang didapatkan bukan dari gula alami melainkan gula kimia yang lebih meningkatkan resiko terkena Diabetes. Jadi teman-teman yang biasa meminum minuman bersoda dari pada air putih mulailah untuk risau karena kebiasaan tersebut bisa memudahkan untuk terkena penyakit Diabetes.

5. Kurangnya Olahraga
Olahraga sangatlah penting untuk kesehatan bahkan sangat dianjurkan untuk menambah kekebalan tubuh dan juga untuk membuang racun dalam tubuh. Olahraga juga mempengaruhi kadar gula dalam tubuh agar tetap terkontrol secara alami dengan memperbanyak olahraga. Teman-teman yang gemar berolahraga memiliki resiko yang lebih rendah terkena Diabetes apalagi jika dibarengi dengan pengontrolan konsumsi gula akan lebih baik.

6. Kurang Tidur
Sebenarnya kurang tidur akan menyebabkan berbagai penyakit kronis salah satunya Diabetes karena ketika seseorang telah mengalami kurang tidur lebih dari tiga hari akan menyebabkan terganggunya pemprosesan alami tubuh terhadap gula darah. Bahkan kurang tidur juga dapat meningkatkan nafsu makan dan lambatnya pengiriman sinyal kenyang ke otak sehingga orang yang kurang tidur akan lebih rentan terkena Diabetes jika tidak menjaga pola makannya tehadap gula.

7. Mengonsumsi Obat-obatan Secara Berlanjut
Dalam obat-obatan tertentu didalamnya terkandung zat-zat yang mempengaruhi kadar gula dalam darah. Bila dikonsumsi secara jangka panjang akan sangat rawan terhadap peningkatan gula darah sehingga mudah terkena Diabetes. Apalagi yang tidak dibarengi dengan olahraga maupun pengontrolan pola makan akan lebih mempengaruhi terhadap naik turunnya gula darah. Salah satu jenis obat-obatan yang mempengaruhi gula darah adalah pil kontrasepsi dan obat-obatan yang mengandung hormon estrogen, progestin serta steroid.

8. Kurangnya Sinar Matahari
Seseorang yang jarang terkena sinar matahari apalagi sinar matahari dipagi hari akan kekurangan vitamin D. Padahal vitamin D sangat mempengaruhi metabolisme tubuh serta membantu pemprsesan kadar gula dalam darah.

0 Response to "Kebiasaan Penyebab Diabetes Mellitus"

Posting Komentar