Resiko Berbahaya Akibat Sering Bergadang


Bergadang adalah suatu aktifitas yang menuntut seseorang untuk tidak tidur sampai pagi. Hal ini mungkin tidak apa-apa bila dilakukan untuk hal yang bermanfaat seperti halnya pekerjaan maupun hal penting lainnya. Walaupun begitu efek yang dapat ditimbukan dari bergadang sangat banyak bahkan kebiasaan tersebut dapat mengancam kesehatan tubuh. Maka dari itu saya ingin sekali berbagi pengetahuan tentang efek-efek negatif yang timbul dari kegiatan bergadang, antara lain:

1. Gampang Depresi
Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan tentang efek yang menyebabkan depresi salah satunya adalah bergadang. Orang yang bergadang cenderung memiliki kadar tidur yang kurang baik dan volume tidur yang tidak cukup. Seseorang yang sering bergadang akan mudah terkena Insomnia dan Insomnia sangat rentang membawa efek ke depresi.

2. Mempengaruhi Kesehatan Kulit
Seseorang yang sering bergadang cenderung memiliki kulit kusam, mata bengkak dan memiliki lingkaran hitam dibawah mata. Karena dalam kondisi bergadang tubuh mengalami kelelahan karena kurang tidur sehingga secara alami tubuh akan lebih banyak mengeluarkan hormon stres atau kortisol. Bila tubuh mendapatkan kadar hormon kortisol secara berlebih akan berdampak terhadap Kolagen kulit atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Jika kulit sudah kekurangan Kolagen maka efeknya adalah kulit kusam dan akan terlihat lebih tua karena garis-garis pada kulit akan lebih terlihat.

3. Penyebab Penyakit Kronis 
Seseorang yang sudah mengidap gangguan tidur tahap kronis atau efek jangka panjang dari bergadang adalah timbulnya penyakit-penyakit kronis antara lain: Penyakit jantung, Serangan jantung, Gagal jantung, Detak jantung tidak teratur, Tekanan darah tinggi, Stroke dan Diabetes.

4. Tingkat Konsentrasi Menurun
Seseorang yang kurang tidur karena bergadang dapat menurunkan tingkat kewaspadaan, konsentrasi, pemecahan masalah dan penalaran sehingga akan mengganggu pola belajar pada keesokan harinya. Sebaiknya untuk para pelajar janganlah sering-sering bergadang karena bisa mengganggu konsentrasi dalam belajar.

5. Menurunnya Gairah Sex
Efek ini akan lebih terasa untuk kaum adam atau laki-laki karena dengan bergadang seseorang akan mengalami kekurangan tidur sehingga tubuh akan kelelahan, mengantuk dan tensi darah yang meningkat. Karena sebab itulah seseorang yang bergadang memiliki kadar libido dan testosteron yang menurun sehingga mempengaruhi hubungan sex seseorang.

6. Kelebihan Berat Badan
Seseorang yang sering bergadang akan memiliki resiko lebih tinggi terhadap kelebihan berat badan bahkan parahnya bisa terkena Obesitas. Kenapa bergadang meningkatkan resiko kelebihan berat badan? karena orang yang bergadang memiliki kadar leptin yang menurun dan peningkatan dalam Ghrelin. Leptin adalah hormom yang bertugas untuk mengirim sinyal kenyang ke otak dan Ghrelin adalah hormon yang merangsang rasa lapar. Jadi orang yang sering bergadang akan mengalami peningkatan rasa lapar karena peningkatan hormon Ghrelin dan fase kenyang yang telat karena menurunnya hormon Leptin untuk memberi sinyal kenyang ke otak.

7. Meningkatnya Resiko Kematian
Seseorang yang sering bergadang akan memiliki tingkat kematian dini lebih tinggi karena berbagai faktor antara lain akibat penyakit yang timbul karena bergadang, melemahnya fungsi-fungsi organ dalam tubuh karena kelelahan yang berkepanjangan akibat kurang tidur dan bergadang juga meningkatkan dua kali lipat resiko kematian terhadap penyakit kardiovaskuler.

2 Responses to "Resiko Berbahaya Akibat Sering Bergadang "

  1. sudah mulai terasa nih gan,, mampir,toko baju bola saya gan www.enkosa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan, jangan bosan bosan mampir gan.
      ane langsung ke TKP

      Hapus