Tips Menghindari Penyakit Gagal Ginjal


Manusia memiliki beberapa organ dalam yang sangat penting salah satunya adalah ginjal. Ginjal berfungsi untuk memisahkan racun dari darah lalu dibuang melalui urine atau air kencing.

Pada dasarnya ginjal adalah organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia, maka dari itu jika ginjal tidak berfungsi secara semestinya maka disebut gagal ginjal. Gagal ginjal termasuk penyakit yang sangat mematikan dan juga sangat mahal dalam perawatannya bahkan orang yang telah terkena gagal ginjal minim kemungkinan dapat diobati kecuali dengan melakukan operasi penggantian ginjal atau transplantasi ginjal.

Seseorang yang telah terkena gagal ginjal akan mengalami penumpukan racun dalam darah karena ginjal tidak mampu lagi untuk memisahkan racun dari darah. Jika darah sudah terpenuhi racun maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan cuci darah yaitu menggantikan fungsi ginjal dengan mesin yang dialiri darah untuk memisahkan racun dari darah lalu dikembalikan lagi ke tubuh pasien.

Untuk teman-teman yang belum terkena gagal ginjal sebaiknya mulai sekarang menjaga agar ginjal tetap berfungsi secara semestinya dengan memperbaiki pola gaya hidup yang baik. Untuk memudahkan teman-teman dalam menjaga kesehatan ginjal sebaiknya cek dulu link ini Daftar Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat, saya akan memberikan beberapa tips untuk menjaga ginjal tetap sehat antara lain:

1. Perbanyak Minum Air Putih
Kekurangan cairan adalah salah satu penyebab gagal ginjal yang sering terjadi. Dimulai dari kencing batu hingga tahap yang extrim yaitu gagal gijal. Maka dari itu sebaiknya teman-teman cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak mengonsumsi air putih atau air mineral.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Orang yang memiliki penyakit darah tinggi termasuk salah satu yang rentan terkena gagal ginjal. Oleh sebab itu sebaiknya teman-teman jaga tensi darah sebaik-sebaiknya jangan sampai mengalami tensi tinggi yang berkelanjutan karena dapat memberatkan kinerja ginjal dalam memproses racun dalam darah.

3. Jagalah Gula Darah Dalam Tubuh (Pederita Diabetes)
Gagal ginjal termasuk penyakit komplikasi dari diabetes yang sering terjadi. Orang yang terkena diabetes sangat rentan terhadap penyakit gagal ginjal karean kadar gula yang tidak menentu sehingga memberatkan kerja ginjal. lambat laun ginjal yang memproses darah dengan kadar glukosa atau gula tinggi akan mengalami gagal ginjal. Tips ini bukan hanya untuk penderita diabetes saja tapi juga untuk teman-teman pada umumnya agar menjaga gula darah dengan cara mengontrol konsumsi terhadap gula.

4. Hindari Rokok
Rokok adalah salah satu benda yang mengandung banyak racun dan dikonsumsi oleh banyak orang. Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat dan jauh terhadap penyakit gagal ginjal salah satunya dengan cara hindari rokok. Cara ini berlaku untuk para perokok aktif maupun pasif.

5. Jangan Mengonsumsi Minuman Keras
Minuman keras atau minuman yang beralkohol adalah minuman yang mengandung berbagai racun. Minuman keras juga dapat merusak insulin yang berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh sehingga, jika insulin rusak maka orang yang mengalaminya akan terkena diabetes lalu diabetes rawan dengan penyakit komplikasi yaitu gagal ginjal.

6. Hindari Stress
Sebenarnya stress sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya adalah gagal ginjal. Maka dari itu sebaiknya teman-teman lakukanlah refresing untuk melegakan pikiran dari hiruk pikuk aktifitas sehari-hari.

7. Kurangi Konsumsi Obat Anti Nyeri
Efek samping yang diakibatkan oleh obat anti nyeri secara langsung menyerang ginjal, alangkah baiknya teman-teman hindari penggunaan obat anti nyeri kecuali memang disarankan oleh dokter.

8. Perbanyak Olahraga
Dalam berbagai ilmu kesehatan tidak akan lepas dari kegiatan olahraga karena memang olahraga sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi saya sarankan untuk teman-teman lakukanlah olahraga minimal tiga kali sehari.

Sekian yang dapat saya bagikan, jika ada sesuatu hal yang tidak dipahami bisa hubungi saya lewat form komentar dibawah ini. Terimakasih... 

8 Responses to "Tips Menghindari Penyakit Gagal Ginjal"

  1. penyakit paling mematikan nie,. Nice pos sob

    BalasHapus
  2. 8 tips yang sangat membantu orang banyak, kesehatan memang penting, kalau sudah terserang penyakit akan sulit dan mahal biaya untuk mengobati. Selagi sehat jaga dengan baik2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat gan. ane juga yipe orang yang lebih suka mencegah daripada mengobati.

      Hapus
  3. Keren gan bisa buat pengingat saya tentang penyebab gagal ginjal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gan mudah-mudahan bisa sangat bermanfaat buat agan.

      Hapus